Minggu, 08 Mei 2011

Pesona Alam Wisata A S A H A N

Posted by Henry Saputra Minggu, Mei 08, 2011, under | No comments

Pada dasarnya Kabupaten Asahan memiliki potensi yang cukup besar bagi pengembangan usaha pariwisata. Daerah ini memiliki sejumlah obyek wisata alam yang memiliki daya tarik tersendiri, antara lain:


•  wisata alam arung jeram di hulu Sungai Asahan
•  wisata alam air terjun Simonang-monang
•  wisata alam air terjun Sigura-gura (Ponot).

Arung Jeram di Hulu Sungai Asahan

Potensi Sungai Asahan khususnya di sekitar Desa Tangga, Kecamatan Bandar Pulau, Kabupaten Asahan, merupakan sumber daya alam untuk obyek wisata alam yang ideal dan terus dikembangkan agar semakin dikenal oleh masyarakat luas, khususnya para wisatawan manca negara dan nusantara. Derasnya arus air sungai Asahan yang berkecepatan 120 meter kubik per detiknya dengan grade IV – V+ sangat menantang jiwa petualangan para penggemar olah raga arus deras ini.
Pada tahun 2000, 2001, dan 2003 Pemerintah Kabupaten Asahan beker-jasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara menyelenggarakan kejua-raan yang bertaraf internasional dalam bentuk Festival Kejuaraan Arung Jeram Internasional mempertandingkan Kayak dan Perahu Karet. Kejuaraan ini telah banyak menarik minat atlet-atlet kayak kelas dunia untuk mengikutinya. Hal ini terbukti pada penyelenggaran event tahun 2001, walaupun telah terjadi tragedi dunia tanggal 11 September 2001 dimana Indonesia dikategorikan termasuk daerah tujuan wisata “travel warning”, namun minat atlet-atlet mancanegara untuk datang bertanding tetap tinggi kecuali Amerika Serikat.
Tahun 2008 Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kabupaten Asahan, kembali menggelar kejuaraan Arung Jeram bertaraf internasional, dengan tajuk “Asahan White Water Festival” atau AWF 2008. Acara tersebut berlangsung pada 11 sampai dengan 14 Desember 2008, di lembah Sungai Asahan, Desa Tangga, Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan. Event akhir tahun ini, merupakan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten setempat, lewat jalur Dinas Pemuda Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Asahan. Sejumlah tim dari manca Negara, seperti Malaysia turut mengarungi jeram-jeram menantang di alur sungai Asahan tersebut.

Air Terjun Simonang-monang

Bandar Pulau dan daerah sekitarnya mempunyai tempat wisata yang bagus yang dijadikan tempat berwisata oleh wisatawan yang bukan hanya orang daerah sekitar daerah tersebut tapi orang luar daerah tersebut. Apalagi kalau hari-hari besar dan libur panjang, tempat ini akan ramai dikunjungi oleh orang. Air terjun ini terletak di desa Padang Pulau, disini sering diadakan kontes pemilihan ratu dan pangeran simonang-monang bagi remaja. Keindahan air terjunnya membuat orang-orang ingin selalu mendatanginya.





Air Terjun Sigura-gura (Ponot)


Air Terjun Ponot memiliki ketinggian lebih kurang 250 m dan jatuhan airnya sampai-sampai seperti embun yang menyejukkan. Untuk mencapai lokasi ini kita mesti menuju ke arah bendungan sigura-gura (tapi tidak sampai ke bendungan) tak jarang tempat ini menjadi incaran para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu dan menikmati alam dan udara yang sangat segar karena daerah ini masih terjaga kelestarian hutannya.
Air terjun ini berasal dari anak Sungai Asahan, dimana air Sungai Asahan ini mengalir menuju Selat Malaka melahirkan Air Terjun Sigura-gura dan Air Terjun Tangga terkadang disebut juga sebagai Air Terjun Sampuran Siharimo yang membangkitkan arus listrik.

0 komentar:

Share

Like

My Video